Dinas PUPR Kota  Palembang Gelar Bimtek Sertifikasi Pekerja Konstruksi

PALEMBANG0 Dilihat

Palembang, Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas PUPR melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) sertifikasi kompetensi dalam tenaga kerja konstruksi terampil.

Bimtek yang berlangsung mulai 13-18 Maret ini didukung oleh Kementerian PUPR, dan diikuti 800 peserta.

Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa, secara resmi membuka bimtek ini, Senin (13/3/2023) di Plaza Benteng Kuto Besak.

Dewa mengatakan bimtek ini bertujuan memberikan keterampilan serta ilmu dalam bidang kontruksi pembangunan bagi para pekerja di beberapa bidang, sehingga standar mutu yang mereka miliki bersertifikat.

“Kita ingin potensi yang dimiliki pekerja yang ada di Palembang ini bisa kompetitif,” ujar Dewa.

Ia menyampaikan kesadaran akan penggunaan tenaga kerja yang bersertifikat sangat penting dalam rangka menjamin kualitas penyelenggaraan maupun pembangunan proyek infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah.

Peserta pada bimtek ini termasuk yang terbesar di Indonesia, hampir mendekati 900 orang, yang terakomodir dari kelurahan, kecamatan, dan didukung juga dari Kodim 0418.

‘Semoga ini dapat menjadi bekal bagi para pekerja nantinya di lapangan. Karena selama ini kita bersifat autodidak. Tetapi ini ada skill tertentu dari para narasumber, apalagi dari para arsitek. Saya kira ini sesuatu yang cukup bermanfaat,”tambahnya

Sementara itu, Komando Distrik Militer (Kodim) 0418/Palembang terjunkan 62 orang anggota untuk ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Sertifikasi Kompetensi (Serkom) dalam Tenaga Kerja Konstruksi Terampil yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui dukungan Kemeterian PUPR.

Diketahui, kegiatan yang digelar di Plaza Benteng Kuto Besak sejak 13-18 Maret tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) kota Palembang, Ratu Dewa, hadir langsung juga Komandan Kodim 0418/Palembang, Letkol Czi Arief Hidayat M Han, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) kota Palembang serta Direktorat Kompetensi dan Produktifitas Kontruksi Kementerian PUPR.

“Kami berterimakasih kepada Pemkot Palembang khususnya Dinas PUPR yang telah memberikan ruang dan kesempatan kepada prajurit TNI AD untuk meningkatkan ketrampilan pertukangan yang bersertifikasi,” kata Dandim 0418/Palembang, Letkol Czi Arief Hidayat M Han.

Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang Ir. H. Akhmad Bastari, ST.,MT.,IPM.,ASEAN Eng, mengatakan pembekalan ini bertujuan memberikan keterampilan serta ilmu dalam bidang kontruksi pembangunan bagi para pekerja di beberapa bidang.

“Kami ingin meningkatkan kompetensi tenaga konstruksi di Kota Palembang. Sehingga mereka memiliki pengalaman secara langsung dalam bidang konstruksi, melalui pelatihan ini diharapkan Kedepannya Tenaga Kerja Konstruksi mampu menjadi SDM yang bersaing, unggul dan handal dibidangnya,” kata bastari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *