Presiden Jokowi Hadir di HUT Partai Nasdem

NASIONAL0 Dilihat

Jakarta(daengnews) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir untuk memberikan sambutan dalam acara HUT ke-10 Partai NasDem. Dalam pidatonya, Jokowi sempat mengingatkan soal jangan memelihara mental inferior.

Di hadapan Ketua Umum NasDem Surya Paloh dan anggota Partai NasDem, Jokowi mengucapkan selamat ulang tahun kepada partai ini. Dia berharap rahmat dan hidayah-Nya selalu menyertai semuanya.

“Selamat ulang tahun Partai NasDem yang ke-10, semoga Bapak Ketua dan kita semua diberikan rahmat hidayah oleh Allah SWT,” kata Jokowi saat hendak menutup sambatan HUT Ke-10 Partai NasDem, Kamis (11/11/2021).

Sebelumnya, Jokowi juga mengajak semua pihak membangun optimisme. Dia menyinggung soal gerakan restorasi Partai NasDem.

“Kita harus mulai membangun rasa percaya diri, rasa optimisme sebagai bangsa pemimpin. Jangan sampai kita kehilangan orientasi itu dan itulah yang dinamakan gerakan perubahan, gerakan restorasi ya di situ. Dan mental inlander itu mental terjajah itu, mental inferior itu, jangan sampai nggak ilang-ilang sampai sekarang. Jangan juga ada yang memelihara, mental seperti itu jangan dipelihara,” ujar Jokowi.

Jokowi juga sempat berbicara soal mental inferior. Jokowi mencontohkan saat warga Indonesia bertemu dengan orang asing atau bule.

“Kita tidak ingin, saya tidak ingin mental inferior, mental inlander, mental terjajah ini masih ada yang.. Masih bercokol di dalam mentalitas bangsa kita, ketemu bule saja kayak ketemu siapa gitu? Sedih kita,” kata Jokowi.

Jokowi menduga mentalitas ini disebabkan oleh lamanya bangsa Indonesia dijajah. Jokowi tidak ingin mentalitas inlander itu tetap ada di dalam diri sebagian anak bangsa.

“Kita kadang-kadang terlalu mendongak kaya gini, wong sama-sama makan nasi juga. Memang kita juga sadar bahwa kita telah 350 tahun dijajah. Bangsa kita ini sehingga kadang-kadang saya berpikir apakah terjajah terlalu panjang ini memunculkan sebuah DNA yang tadi saya sampaikan. Jangan-jangan seperti itu meskipun kita sudah 76 tahun merdeka,” ujar Jokowi.

“Dan merdekanya pun lewat sebuah perjuangan yang panjang, bukan diberi. Tapi DNA ini masih terus kepikiran. Jangan-jangan kita memiliki mental inlander, mental terjajah, mental inferior gara-gara DNA yang diturunkan karena 350 kita terjajah, jangan ditepukin dong,” kata Jokowi sambil meminta hadirin untuk tidak tepuk tangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *